7 Permainan Tradisional Yang Ada Di Indonesia


7 Permainan Tradisional Yang Ada Di Indonesia - Kita tau di jaman sekarang ini sudah banyak permainan-permainan yang sangat canggih seperti pemainan game online, diantaranya point black, lost saga, ayo dance dan game-game komputerisasi lainnya. tetapi masih ada Permainan Tradisional Di Indonesia yang masih bertahan walaupun sudah banyak ditinggalkan oleh para anak-anak jaman sekarang dikarena jaman yang serba canggih ini. Dan saya akan berbagi Permainan-Permainan Tradisional Yang Ada Di Indonesia:
1. Layang-Layang / Layangan



Layang-layang merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara. dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya. Dikenal luas di seluruh dunia sebagai alat permainan, layang-layang diketahui juga memiliki fungsi ritual, alat bantu memancing atau menjerat, menjadi alat bantu penelitian ilmiah, serta media energi alternatif.

2. Gasing



Gasing merupakan sejenis permainan yang boleh berputar pada paksinya sambil mengimbang pada satu titik. Gasing merupakan permainan tradisional orang-orang Melayu sejak dahulu. Gasing dibuat dari kayu bebaru, kemuning, merbau, rambai, durian atau kundang. Kayu tersebut akan dikikis sehingga menjadi bentuk gasing. Tali gasing dibuat dari kulit pokok bebaru. Tapi sekarang tali gasing dibuat dari tali nilon.  Panjang tali gasing biasanya bergantung kepada panjang tangan seseorang, umumnya panjangnya 1 meter. Minyak kelapa digunakan untuk melicinkan pergerakan tali gasing.

Cara Bermain:
Gasing dimainkan dengan dua cara, yaitu sebagai gasing pangkah atau gasing uri. Gasing pangkah, dimainkan dengan melemparkannya supaya mengetuk gasing lawan. Gasing uri dipertandingkan untuk menguji ketahanannya berputar. Gasing pinang dimainkan oleh kanak-kanak. Untuk memutar gasing, tali setebal 1.75 cm dan sepanjang 3 hingga 5 meter dililitkan pada jambulnya hingga meliputi seluruh permukaan gasing. Kemudian gasing itu dilemparkan ke atas tanah dan serentak dengan itu tali yang melilit jambuhnya direnggut.

3. Balap Karung



Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir. Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura, balap karung tetap banyak ditemui, seperti juga lomba panjat pinang, sandal bakiak, dan makan kerupuk. Lomba balap karung juga diapresiasi oleh pendatang dari luar negeri dengan langsung terlibat dalam perlombaan ini.

4. Engklek



Permainan Engklek mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Cara memainkannya adalah, pertama membuat arena bermain terlebih dahulu dengan cara membuat petak-petak menyerupai palang merah yang dibagi-bagi menjadi 5 kotak dan ditambah 3 kotak sebagai tangga, kemudian cari alat pendukung. Alat pendukung yang dibutuhkan adalah pecahan genting, pecahan keramik atau batu sebagai umpan. Umpan ini dalam bahasa Jawa biasa disebut ‘gundu’. Permainan ini juga merupakan permainan kelompok, yang seru dalam permainan ini adalah ketika kelompok yang kalah harus mendapat hukuman menggendong kelompok yang menang. Dalam permainan engklek ini juga anak-anak diajari untuk berlatih konsentrasi dan mengendalikan diri.

5. Enggrang



Enggrang adalah salah satu jenis kesenian dan akhirnya menjadi permainan tradisional Indonesia yang mendapat pengaruh dari budaya China. Enggrang yang mulai berkembang tahun 1960-an di Kabupaten Karawang Jawa Barat ini dikenal sebagai suatu pertunjukan yang diiringi berbagai alat musik tradisional Jawa Barat. Namun, lama-lama berkembang menjadi permainan tradisional.


6. Petak Umpet



 Petak umpet adalah sejenis permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

Cara bermain: Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Is kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah. Setelah hitungan sepuluh (atau hitungan yang telah disepakati bersama, misalnya jika wilayahnya terbuka, hitungan biasanya ditambah menjadi 15 atau 20) dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "kucing" beraksi mencari teman-temannya tersebut.

7. Panjat Pinang



Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon. Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas) para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton.
Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yang diperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian seperti kemeja, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasuk mewah. sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang orang Belanda menonton sambil tertawa. tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.

Sebenarnya banyak permainan tradisional lainnya dan banyak makna mulia yang bisa tergali di baliknya. "Berdasarkan penelitian, seluruh permainan rakyat di Indonesia memiliki kesamaan yakni pengenalan diri, alam, dan Tuhan." Permainan tradisional memiliki banyak sisi positif yang seringkali diabaikan, permainan tradisional mengajarkan banyak hal pada anak-anak, sehingga dapat diingat sepanjang masa.

3 komentar:

  1. Main game dapet PS4, Kapan lagi? Buruan deh download nih game, ga bakal nyesel. Jgn lupa pake kode pin angpao ini yaa ;)) http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook

    BalasHapus
  2. Ada GAME buat android asik nih ! Hadiahnya juga banyak bangetss ! Yok ikutan + jadi member resminya LANGSUNG. Cara ikutan bisa langsung buka link ini>> http://id.luckytablegame.com/envelope.aspx?code=8243222784&name=Andy&t=facebook"

    BalasHapus
  3. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus