Tutorial Install Ulang Windows 7 Lengkap Beserta Gambar

Tutorial Install Ulang Windows 7 Lengkap Beserta GambarHalo sob, kali ini kami akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang bagaimana cara menginstall ulang windows 7 dengan sempurna!? agar menjadi baru dan bersih. Nah, disini yang akan kita contohkan yaitu dengan menggunakan windows 7 Ultimited yahh, tutorial ini berlaku untuk 32 dan 64 bit.
Okey kita akan memulai install dari awal atau bisa di istilahkan sebagai "Clean Install".
Kepada sobat yang akan menginstal baru, sebaiknya hapus dulu partisi pada hard drive utamanya (Primary partition). Untuk apa sobat!? karena agar semua dalam windows lama bersih dan akan mempermudah proses penginstalan. Emm untuk sobat yang memiliki data penting dimohon untuk membuat back up data atau memilih data penting dan simpan di hard drive sekunder (D:)/ flashdisk sobat. 
Baca juga :


Okey kita langsung saja menuju proses penginstalan :
NB : Untuk memulai proses indtalasi windows 7, sebelumnya sobat akan memerlukan boot pertama dari Windows 7 DVD (itu jka sobat menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (Jika sobat menggunakan Flashdisk). Tetapi yang akan kita bahas kali ini melalui DVD.
Langkah-langkah :

1. Nyalakan Komputer / Laptop sobat.
2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, tetapi kalau dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. 
3. Saat meyalakan Komputer / Laptop, sobat harus masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer) kalau tidak bisa cobalah dari F1 sampai F12, hehehe.
Nah, gambar dibawah ini adalah tampilan ketika kita sudah masuk ke Setup Menu, untuk tampilannya memang berbeda-beda ya, tergantung merek dan versi dari bios itu sendiri.
Tampilan Setup Menu
Kemudian arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan.
Tampilan Setup Menu menuju ke CD
Jika sudah, sobat silahkan pilih  Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum komputer / laptop di restart.
Exit Saving Changes
4. Nah, sekarang mulailah proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik tidak di klik, proses tidak akan berjalan, maka sobat harus restart lagi).
Proses Booting Komputer
5. Tunggulah sebentar, karena masih dalam proses masuk/ sedang loading.
Loading File Windows 7
Masuk ke proses instalasi
6. Jika sudah masuk ke proses instalasi pada gambar dibawah, Pilih English, lalu Klik Next.
Memilih Bahasa pada  Windows 7
7. Klik Install Now
Memulai Install Windows 7
8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next
Persetujuan Install Windows 7
9. Jika sudah setujui syarat diatas, maka sobat akan dialihkan ke langkah yang bisa dikatakan sangat penting ini, Klik Custom (advenced). Karena langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
Install Mode Costume
10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.
NB Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hard disk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus jadi tidak bisa terdeteksi.
Pengaturan partisi Windows 7
Gambar di atas adalah contoh Komputer/ Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:
11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk (C:). Jadi kalau sobat ingin menyimpan data, simpanlah di disk  D: atau E:
Kemudian, arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK - OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya.
Delete partisi
12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New
Kemudian Klik OK - OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk)
Memilih dan membuat partisi
13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan kursor pada partisi yang akan di instal Windows yang baru (Primary), Kemudian Klik Next.
Partisi baru windows 7
Proses instalasi agan dimulai dengan nyata dan akan dijalankan secara otomatis. Jadi, sobat bisa bersantai-santai karena proses ini mebutuhkan waktu yang cukup lama.
Pada gambar dibawah jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya.
Proses transfer files windows 7
Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory komputer/ laptopnya  rusak. Kalau lancar, Windows akan restart otomatis.
NB :  Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

Restart Otomatis
14. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, kan dah dicabut).
Proses Booting Melalui DVD
Biarkan saja, jangan klik apapun
Melanjutkan proses instalasi
Setup Starting Windows 7
15. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows. Biarkan saja, jangan sobat klik apapun dan jangan menekan-nekan pada keyboard.
Menyempurnakan instalasi Windows 7
Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.
Lanjutan Install Windows 7
Merestart Kembali
Proses Preparing
16. Setelah itu isi nama untuk Komputer/ Laptop sobat, dengan bebas, lalu Klik Next.
Pemberian Nama PC
17. Langkah selanjutnya yaitu sobat ditawarkan memberikan password ke komputer/ laptop. Jika tidak langsung saja klik Next.
Pemberian Password pada PC
18. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.
Masukkan product key Windows 7
19. Klik Use recommended settings
Recommended Settings
20. Sesuaikan waktu yang dikehendaki sesuai wakti daerah sobat semua, kemudian klik Next
Pengaturan waktu
Nah, proses instalasi windows 7 sudah selesai dan siap untuk digunakan, oo iya bagi sobat tadi yang tidak memasukkan product key windows 7, Windows hanya akan merfungsi selama 30 hari,dan jika setelah 30 hari itu masih belum diaktifkan, layar akan menjadi hitam seperti tidak ada OS nya, jadi hal tersebut sangat beresiko sekali karena bisa merusak sistem pada hardware. Dibawah ini adalah tampilan default windows 7 yang baru di install.
Tampilan default Windows 7

Untuk windows yang baru di install masih kosong, jadi sobat harus menginstal software dan drivernya sendiri. Kiranya itu dulu sob yang bisa kami sampaikan dan bagikan kepada sobat semuanya, semoga artikel ini dapat membantu banyak sobat semua. Terimakasih~

0 komentar:

Posting Komentar